erwinkallonews

Berita

Presiden Jokowi Resmikan Jembatan Youtefa

Pasca pelantikannya sebagai Presiden RI, Papua merupakan tujuan pertama presiden Joko Widodo didalam kunjungan domestiknya. Kunjungan tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah untuk meresmikan Jembatan Youtefa.

Jembatan sepanjang 11,6 KM menjadikannya jembatan terpanjang di Papua. Total biaya pembangunannya adalah sebesar Rp. 1,8 Triliun.

Jembatan Youtefa sendiri terdiri atas tiga bagian. Bagian pertama merupakan jalan akses sepanjang 9.950 meter, bagian kedua adalah jalan pendekat sepanjang 320 meter, dan bagian ketiga berupa jembatan pendekat sisi Holtekamp sepanjang 900 meter, dengan bentang utama jembatan sepanjang 433 meter.

Dengan adanya jembatan ini, maka akan memangkas waktu tempuh perjalanan dari Kota Jayapura menuju Distrik Muara Tami sebanyak 70 menit. Dari awalnya sekitar 1,5-2jam menjadi 30-45 menit saja.

Peresmian jembatan pada tanggal 28 Oktober 2019 tersebut turut dihadiri oleh Ibu Negara, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian

Presiden menjelaskan, Jembatan Youtefa ini hadir sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan kepadatan penduduk di Kota Jayapura sehingga kawasan Kota Jayapura dapat dikembangkan ke arah perbatasan di Skouw.

“Tanah Papua harus maju, seperti daerah-daerah lain di Indonesia. Papua adalah surga kecil yang jatuh ke bumi. Itu adalah hal yang saya lihat setiap kali berkunjung ke Tanah Papua. Kalau tidak keliru hitung, saya sudah 13 kali hadir di Tanah Papua,” kata Presiden Jokowi dalam sambutannya.

“Semua itu saya lakukan untuk memastikan sendiri, untuk memastikan sendiri bahwa Tanah Papua dibangun dan tidak dilupakan dalam kemajuan Indonesia yang kita cintai ini,” kata Presiden.

Didalam sambutan peresmian jembatan, presiden Jokowi juga membahas mengenai pembangunan Istana Negara Bumi Cendrawasih yang rencananya akan dimulai akhir tahun ini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

POPULER

To Top