erwinkallonews

Berita

Ibukota Baru Akan Gunakan Transportasi Canggih

Ibukota baru Indonesia nantinya akan memiliki konsep transportasi canggih berupa Autonomous Rail Transit (ART). Transportasi ini merupakan kombinasi antara kereta dan bus.

Transportasi ART tidak memerlukan rel sebagai jalur yang dilaluinya, hal ini menjadikan ART adalah sebuah sistem transportasi yang fleksibel, murah, ramah lingkungan dengan kapasitas penumpang yang lebih besar. Transportasi ART juga digerakkan oleh listrik sehingga akan rendah polusi.

Saat ini pemerintah sedang melakukan survey ke negara yang telah mengaplikasikan transportasi ART ini seperta Australia, China dan Jerman.

Sistem transportasi ART memang dirasa banyak menghemat dalam hal investasi infrastruktur, namun perlu diperhatikan juga mengenai pengamanan atas penggunaan rel virtual tersebut sehingga ART akan sangat rentan diserobot oleh kendaraan lain. Sehingga di Ibukota baru nantinya, harus ada sistem dan aturan lalu lintas yang selain terintegrasi dan memudahkan serta efisien, juga harus teratur dan tertib sehingga arus lalu lintas tidak semrawut.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

POPULER

To Top