erwinkallonews

Berita

Di Ibukota Baru, ASN Akan Tinggal di Rumah Susun Dinas

Setelah ditetapkan kepindahan Ibukota ke Kalimantan Timur, tugas pemerintah salah satunya adalah dengan mempersiapkan kepindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang juga turut akan pindah ke Ibukota baru. Diperkirakan akan ada 180.000 ASN yang akan pindah ke Ibukota baru. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah mengenai tempat tinggal para ASN nantinya.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro memaparkan, ibu kota baru di Kalimantan Timur akan didesain untuk menampung 1,5 juta penduduk. Ibu kota tersebut akan dibangun di atas lahan 40 ribu hektar (ha).

Tahap awal pembangunan Ibukota baru adalah sebesar 6.000 Ha yang akan digunakan untuk aktivitas pemerintahan.

“Di 6.000 hektarĀ government district, isinya adalah istana, gedung DPR, seluruh kantor kementerian, plus perumahan dinas ASN,” ujarnya dalam acara Rakornas Bidang Properti Kadin Indonesia di Hotel Intercontinental Pondok Indah, Jakarta.

Tempat tinggal para ASN ini akan berdesain berupa Rumah Susun atau hunian vertikal, sehingga nantinya akan dibangun juga rumah susun dinas atau apartemen dinas.

“Dan nanti desainnya, meskipun agak early, meskipun wilayah luas sekali, karena paham Kalimantan paru-paru dunia, bangunnya vertikal. Termasuk istilah rumah dinas bukan lagi landed house, yang memakan tanah sangat luas tapi semua ke atas. Namanya bukan lagi rumah dinas tapi rumah susun dinas atau apartemen dinas,” paparnya.

“Nanti ada migrasi PNS yang di pusat termasuk pejabatnya eksekutif, legislatif, yudikatif sekaligus menegaskan DPR itu pindah, Mahkamah Konstitusi pindah, Mahkamah Agung pindah. Kalau semua dihitung kita hitung 180 ribu pejabat dan ASN. TNI Polri sekitar 25 ribu yang ada di sana karena Mabes Polri ikut pindah,” ungkapnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

POPULER

To Top