erwinkallonews

BISNIS

Dekat Dengan Transportasi Umum Jadi Pertimbangan Untuk Membeli Properti

 

Gambar Hanya Ilustrasi

Pertimbangan Pembeli

Tidak dapat dipungkiri bahwa dengan berkembangnya fasilitas, terutama akses transportasi menjadi salah satu bentuk layanan yang diharapkan bagi masyarakat untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Satu survei menunjukkan kedekatan tempat tinggal dengan akses transportasi umum menjadi pilihan bagi masyarakat sebelum memutuskan untuk membeli properti. Hal tersebut didukung oleh survei dari Rumah.com Property Affordability Sentiment Index mencatat sebanyak 61% dari 1.000 responden menganggap jarak hunian terhadap sarana transportasi umum seperti halte atau stasiun sebagai faktor yang sangat penting sebelum memutuskan membeli hunian.

Marine Novita selaku Country Manager Rumah.com juga menambahkan, “Di Jabodetabek, misalnya, mereka yang rumah dan kantornya dekat stasiun Commuter Line memilih transportasi umum meskipun mereka punya mobil sendiri. Selain praktis, menggunakan transportasi umum juga relatif lebih hemat.” Dari hal tersebut dapat dilihat bahwa masyarakat semakin menyadari bahwa dengan semakin meningkatnya fasilitas transportasi umum  membuat aktivitas sehari-hari menjadi lebih praktis dan hemat.

Selain itu, dengan dekatnya fasilitas transportasi umum dengan lokasi hunian juga dapat meningkatkan nilai properti. Contohnya seperti Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan yang kini telah menjadi salah satu lokasi hunian favorit, meskipun jauh dari pusat perkantoran di wilayah Jakarta. Contoh lainnya seperti di wilayah Bekasi dan Cikarang yang dulu dijauhi untuk mejadi lokasi hunian, kini mulai diminati setelah pembangunan sejumlah jalan tol dan light rail transit (LRT). Salah satu survei dari Rumah.com pun mencatat bahwa di Jakarta Timur terjadi kenaikan indeks harga properti meingkat sebesar 48% sejak awal tahun 2015 setelah dimulainya pembangunan LRT, atau naik dua kali lipat dari Indeks Harga Properti DKI Jakarta secara keseluruhan yang mencapai 27%.

 

Meningkatkan Indeks Harga Properti

Dengan meningkatnya indeks harga properti, menciptakan semangat yang tinggi bagi para pelaku pembangunan untuk dapat menjual properti hunian kepada masyarakat, terutama di wilayah-wilayah suburban. Head of Real Estate OLX Indonesia mengatakan bahwa di OLX dalam 1 (satu) bulan, setidaknya terdapat 95.000 penjual dengan 340.000 iklan properti dengan dari sisi pasokan. Secara keseluruhan, iklan rumah dijual paling banyak ditemukan di Bekasi Kota yaitu sekitar 133.000 iklan per bulan. Sedangkan untuk tanah paling banyak di Depok Kota yaitu sebanyak 4.900 iklan dan untuk Apartemen paling banyak di Jakarta Selatan yaitu sebanyak 3.000 iklan setiap bulannya.

Dari data-data di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan dan kemudahan akses terhadap transportasi umum menjadi salah satu faktor yang kuat bagi masyarakat untuk memilih lokasi hunian. Selain itu dengan adanya akses transportasi yang dekat dengan lokasi hunian juga dapat meningkatkan Indeks Harga Properti, sehingga selain untuk tempat tinggal, masyarakat juga dapat melakukan investasi melalui pembelian properti.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

POPULER

To Top