erwinkallonews

HUKUM

Wamenkeu Minta Stakeholder Perumahan Bersinergi Lindungi Konsumen

Ilustrasi

Erwinkallonews.com, JAKARTA – Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo meminta semua stakeholder perumahan bersinergi untuk menyukseskan Program 1 juta Rumah, terutama dalam aspek perlindungan konsumen, agar masyarakat konsumen tidak tertipu saat mengajukan KPR.

Hal ini bisa terjadi, kata Mardiasmo, karena harga rumah saat ini sudah sangat tinggi, sehingga masyarakat berpenghasilan pas-pasan kurang selektif dalam membeli rumah. Bagi mereka yang penting murah dan terjangkau oleh penghasilannya.

“Perlindungan konsumen, jangan sampai ada yang bodong, mereka percaya uang mukanya sekian, tahunya bablas atau dari segi tanggung jawabnya, ini harus sinergi,” katanya saat keynote speech dalam ‘2nd Property & Mortage Sumit 2017′ di Jakarta, Selasa (16/5/2017).

Mardiasmo menambahkan, dalam rangka program 1 juta rumah harus dilakukan terobosan untuk menyediakan hunian yang terjangkau, khususnya kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

“Untuk terobosan yakni rumahnya dalam hal pengelolaan, itu bagaimana agar diberikan fasilitas lagi, misalnya kreditnya, bunganya, dan mereka masih sering kesulitan dengan uang muka/down payment-nya. Untuk itu kita coba agar terjangkau bagi MBR itu,” lanjutnya.

“Jadi bagaimana setelah dikasih uang muka, bunganya sesuai, jangka waktu bisa dikejar, panjang tadi 20 tahun, ya kami berikan relaksasi dari segi perpajakan, ada yang sifatnya final, lalu SPT-nya, ada pengurangan perpajakan,” tukas dia.

Reza Gantara/Erwinkallonews.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

POPULER

To Top