erwinkallonews

KONSULTASI

Sudah Lama Lunas, Tapi Belum Menerima Sertipikat Dari Developer

Ilustrasi waiting.

Erwinkallonews.com – ANDA  punya masalah hukum di bidang properti? Kirimkan pertanyaan Anda di email erlankallo@gmail.com atau Hubungi HP 0817188355. Sertakan alamat, dan indentitas yang jelas, kami akan segera menjawab pertanyaan Anda.

Erwin Kallo, Pakar & Praktisi Hukum Properti

Pertanyaan:

Saya sudah membeli rumah di salah satu perumahan di Cileduk dengan fasilitas KPR. Sejak lunas 1 tahun 3 bulan, saya belum mendapatkan sertipikat dari developer. Kemudian developer minta lagi sejumlah untuk mengurus sertipikat saya, tapi hingga sekarang sertipikat itu belum kami terima. Kami sudah protes, tapi belum juga ada tanda-tanda sertipikat kami keluar. Pak Erwin, bagaimana jalan keluar dari masalah yang kami hadapi ini?

Axe, Cileduk.

Jawaban:

Pak Axe, saya menyarankan Anda langsung ke Kantor BPN setempat mencari informasi kenapa sertipikat Anda belum terbit. Sebab yang saya khawatirkan sertipikat induknya itu belum dipecah, sehingga belum dapat dibalik nama kepada Anda. Tapi sebenarnya, kalau belum dipecah, itu bisa dilakukan pemecahan sebagian .

Cuma yang repot kalau ternyata sertipikat itu masih “sekolah” atau sedang diagunkan ke bank. Sebab kalau tidak ada masalah dengan sertipikatnya atau tidak “disekolahkan”, tidak ada alasan pengembang untuk tidak segera memecah sertipikat induknya dan balik nama ke pembeli yang sudah lunas. Jadi dalam masalah ini, pengembang harus terbuka, menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi.

Lantas kalau tidak juga kunjung selesai, Anda bisa menggugat pengembangnya, berkaitan dengan melawan hukum atau wanprestasi (ingkar janji). Bahwa rumah yang Anda beli sudah lunas, tapi mengapa sertipikatnya belum dikeluarkan?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

POPULER

To Top